logo

bg-h4-whiteKolumnis

Selasa, 31 Oct 2017 | 08:20

Rush-Terios Baru Siap Muncul, Honda BR-V Terjepit

Penulis : Bagja Pratama - Fotografer : Instagram Rizqipanda
img1

img1

Bagjaisme

Jelang akhir tahun 2017 yang didominasi oleh kehebohan low MPV, membuat segmen LOW SUV tak mau kalah. Setidaknya, segmen SUV bawah ini sedang menyiapkan senjatanya untuk kembali bergairah di tahun depan.

Ya, dua raksasa Toyota dan Daihatsu sedang menyiapkan model terbaru yang pastinya selalu bikin penasaran dan sudah ditunggu khalayak banyak; Toyota Rush dan Daihatsu Terios model baru. Iya, model baru, tak lagi hanya sebatas facelift.

Kabarnya, akhir bulan November si kembar maut tersebut akan resmi diluncurkan ke publik, dengan sejumlah ubahan signifikan--salah satu yang bikin penasaran, tak ada lagi 'konde' ban serep dibelakangnya.

Dari beberapa bocoran yang beredar, tampangnya memang jauh lebih modern. Berbagai kamuflase dari penampakannya di jalan raya, memang tidak secara utuh memperlihatkan sosok aslinya. Namun, lampu utama lebih sipit diprediksi jadi pembeda kali ini.

Selain itu, lekuk dan otot yang tetap diperlihatkan, sosoknya jadi terlihat lebih besar, tidak lagi tinggi cungkring seperti model saat ini. Bagian belakang juga dibuat lebih berotot pada bagian lampu kombinasi, dan menghapus ban serep yang sudah jadi ciri khas.

Usungan mesin diprediksi akan tetap sama. Mesin yang selama ini sudah sangat diandalkan dengan kapasitas 1.5 liter. Namun, usungan teknologi Dual VVT-i bakal menjadi pembeda dengan model sebelumnya.

Lalu disaat semua penasaran dan mungkin bahagia mendengar kabar baik ini, salah satu pabrikan lain yang menjadi kompetitor duet kembar maut tersebut mungkin mulai cemas dan khawatir, terutama berpikir apa yang harus dilakukan tahun depan.

Honda sedang cemas dan berpikir. Bagaimana menyelamatkan Honda BR-V ditengah kepungan duet kembar maut ini nantinya. Kalau belum bisa tahun ini, setidaknya apa yang harus mereka lakukan di tahun depan?

Perlukan Honda juga melakukan polesan dan permakan khusus untuk Honda BR-V yang sejak diluncurkan sama sekali belum didandani apa-apa? Kalaupun iya langkah tersebut yang diambil, seberapa kuat pesonanya melawan model baru Rush dan Terios?

Semua masih teka teki memang. Namun, bukan tidak mungkin duet kembar maut Rush dan Terios ini akan mengepung dan menjepit Honda BR-V yang selama ini pun terbilang mulai biasa-biasa saja performa penjualannya.

Apalagi, Honda juga harus berbagai jatah produksi dengan berbagai produk unggulan lainnya. Apesnya, kalau tahun depan pun Honda BR-V tidak stabil distribusinya dari pabrik, maka bisa dijadikan kesempatan Rush-Terios baru untuk membuat konsumen BR-V berpaling.

Apalagi sekarang secara model mungkin jadi lebih mirip dengan dihapusnya konde ban serep di belakang Rush dan Terios. Kapasitas mesin pun sama, pun begitu dengan daya tampung penumpang yang sama-sama tujuh penumpang.

Kalaupun ada pembeda tinggal penggerak rodanya saja. Rush-Terios yang dipercaya tetap mengandalkan penggerak roda belakang, akan beradu dengan sistem penggerak roda depan dari Honda BR-V. Baik dari performa, sampai konsumsi bahan bakarnya.

Honda harus membenahi BR-V nya? Pastinya, sebab kalau tidak siapapun dijamin bakal langsung melupakan crossover tujuh penumpang yang saat kemunculannya membuat jagad otomotif di Indonesia heboh ini.

Dan lawan yang akan dihadapi juga bukan pemain baru. Mereka berdua, si Toyota Rush dan Daihatsu Terios sudah punya nama besar dalam satu dekade terakhir. Apalagi dengan ubahan model barunya ini, sudah pasti punya daya tawar lebih.

Mungkin, dengan menawarkan versi facelift dari Honda BR-V saja, dengan penambahan fitur-fitur baru yang kini jadi wajib hukumnya, belum lah cukup untuk mengimbangi pesona duet kembar maut Rush Terios.

Tapi setidaknya Honda harus melakukan sesuatu untuk BR-V, kalau tidak mau SUV bawah andalannya ini menjadi bulan-bulanan duet kembar maut dan akhirnya tenggelam terlupakan tahun depan. Bagaimana Honda?

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Bagjaisme
bagjaisme.otojurnalisme.com

Join Date : Selasa, 24/10/2017 11:59

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Minggu, 21 Jan 2018 - 22:08 wib
Acura RDX Prototype Siap Masuk Jalur Produksi
img1
Rabu, 17 Jan 2018 - 20:05 wib
KTM Resmikan Dealernya di Surabaya
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter