logo

bg-h4-whiteKolumnis

Selasa, 24 Oct 2017 | 20:39

Ferrari Klimis Paling Bertenaga dan Paling Kencang Siap Digas di Indonesia

Penulis : Bagja Pratama
img1

img1

Bagjaisme

Superfast, dari namanya saja sudah sesombong itu. Artinya kencangnya super. Sekencang apa Ferrari 812 Superfast yang akhirnya hadir dan siap digas di Indonesia?

Meski tampangnya klimis, coba kita talanjangi dulu apa yang ada dibalik kap mesinnya, yang kini ada didepan, bukan dibelakang seperti kebanyakan mesin Ferrari terpasang. 

Sebongkah mesin berkonfigurasi V12 yang legendaris dan sudah menjadi roh dari Ferrari sejak 70 tahun lampau. Dan menariknya, mesin berkapasitas 6,5 liter ini tidak mengandalkan turbo untuk mendongkrak performanya.

Berani membayangkan berapa tenaga yang bisa diproduksi Ferrai 812 Superfast? 800 tenaga kuda! Dan tenaga tersebut dihasilkan dari mesin naturaly aspirated (N/A).

Tenaga monster tersebut tersalur dengan apik dan bakal memanjakan adrenaline sang supir, melalui transmisi kopling ganda yang sudah disempurnakan, sehingga perpindahan gigi terjadi begitu cepat, meski memang belum secepat kedipan mata.

Perpaduan mesin monster dan transmisi tersebut sanggup membuat Superfast ini melesat dari diam sampai 100 kpj hanya dalam waktu 2,9 detik saja.Ya, tidak sampai 3 detik! dan diajak ngebut sampai 340 kpj.

"Inilah Ferrari terkuat dan tercepat sepanjang sejarah Ferrari, untuk pecintanya di Jakarta," ujar CEO Ferrari Jakarta, Arie Christopher.

Belum lagi, ini juga Ferrari pertama yang disuguhi Electronic Power Steering, untuk memudahkan pengendalian, meski sepertinya jadi tidak seasik dan senatural setir tanpa power steering elektrik.

Teknologi canggih lainnya berupa virtual short wheelbase, yang menggabungkan sistem kemudi  roda depan dan belakang secara elektrik, yang terintegrasi dengan side slip control. Fungsinya untuk meningkatkan kelincahan dan respon dari setir.

Nah, dibalik semua kebringasannya tersebut, Ferrari 812 Superfast dibungkus dengan gaya bodi yang bisa dibilang klimis. Tidak segarang dari performa monster yang ada dalam dna mesinnya.

Bergaya fastback, namun dengan bokong yaang dibuat tetap beringas, dengan ciri khas dua lampu bulat di belakang, serta diffuser dan empat buah moncong knalpot.

Bodinya lebih mengalir, tidak terlalu banyak garis dan lekuk tajam. Namun begitu, semua sudah dirancang agar semakin mendukung tingkat aerodinamis saat meluncur membelah angin.

Ferrari sudah menyematkan beberapa sirip aliran udara untuk meningkatkan traksi roda ke permukaan jalan saat melaju kencang, sehingga bisa  dipacu jauh lebih stabil.

Mulai dari sirip bagian bumper, kap mesin, kolong mobil, serta sayap belakang yang dilengkapi aerodynamic bypass, yang menjamin peningkatan down force saat melaju kencang sampai dengan 10 persen.

Mau membawa pulang supercar yang super kencang ini ke garasi rumah? Bisa langsung nego ke  Ferrari Jakarta, karena banderol harganya belum diumumkan secara resmi. Perkiraannya, harga Ferrari 812 Superfast ini bisa mencapai Rp 12 miliar. Sebuah harga yang juga super!

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Bagjaisme
bagjaisme.otojurnalisme.com

Join Date : Selasa, 24/10/2017 11:59

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Minggu, 21 Jan 2018 - 22:08 wib
Acura RDX Prototype Siap Masuk Jalur Produksi
img1
Rabu, 17 Jan 2018 - 20:05 wib
KTM Resmikan Dealernya di Surabaya
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter